MENYAMBUT HUT BANTEN KE 24

 

MENYAMBUT HUT BANTEN KE 24

Oleh : Indah Fitaloka (Sekretaris umum permahi untirta)

 

Tangerangtalk - Tepat 24 tahun banten di nyatakan sebagai sebuah provinsi mandiri, Tema peringatan hari jadi ke 24 ini banten mengusung tema “Banten untuk Indonesia maju”. Sebagai warga banten yang terlahir di banten serta bertempat tinggal di banten , hari jadi atau HUT banten menjadi salah satu hari istimewa bagi warga banten.

Banten adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terbentuk karena hasil pemekaran dari satu provinsi yakni jawa barat, berkat semangat dan tekadnya untuk bisa memisahkan diri dari jabar (jawa barat) dan berkeinginan untuk membentuk provinsi  yang mandiri, akhirnya tepat pada tahun 2000 disahkanlah banten sebagai provinsi mandiri serta dikeluarkannya  undang-undang Nomor 23 tahun 2000. Jika dilihat dari luas wilayahnya berdasarkan bantendev.id antara  provinsi jawa barat dan provinsi banten memang tidak signifikan. Berdasarkan luas wilayahnya jawa barat memiliki luas wilayah 44.354,61 Km2 yang mana terdiri dari 10 kabupaten dan kota. Sedangkan Provinsi Banten memiliki luas hanya 8.651,20 Km2 , meliputi empat kota dan empat kabupaten.

Perbedaan yang signifikan ini tidak menjadi halangan untuk mencapai Indonesia maju,Pasalnya banten memiliki sejumlah potensi yang mendukung diantaranya letaknya yang strategis,kondisi alam dan kekayaan alam yang dimilikinya sehingga banyak yang sudah mengenal provinsi banten  hal ini menjadi momentum penting bagi kemajuan banten dan Indonesia.

Makna “banten untuk Indonesia maju” adalah sebuah dukungan dari provinsi banten untuk mendukung Indonesia maju yang akan datang serta bukan sebuah mimpi namun nyata jika kita semua terus bekerjasama untuk berjuang agar tercapainya Indonesia maju tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, generasi yang akan mewujudkan Indonesia Emas adalah generasi muda, khususnya yang saat ini tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dia menerangkan, para mahasiswa/mahasiswi dan lulusan universitas jenjang sarjana saat ini berada di kisaran usia 20 tahun. Menurutnya, pada masa Indonesia berusia 100 tahun yaitu 2045, usia mereka masih sekitar 40 tahun ke atas, yang merupakan usia puncak karir bagi profesional.

Untuk itu kita sebagai selaku anak muda dan seorang mahasiswa sudah sepatutnya untuk memberikan sumbangsih ,bertekad kuat dan memiliki cita-cita yang luhur agar terwujudnya Indonesia emas, bukan hanya mengharumkan nama banten namun juga untuk seluruh Indonesia ini.

Dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Sekretariat Daerah Provinsi Banten Nomor 47 Tahun 2024 tentang Penyampaian Panduan HUT ke-24 Provinsi Banten Tahun 2024. Pemerintah Provinsi Banten dalam memeriahkan acara HUT banten ke 24 ini memiliki rangkaian agenda dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Banten yang berlangsung sejak 23 September sampai 1 Desember 2024. Acara tersebut berupa sayembara logo HUT ke-24 Provinsi Banten, pertandingan volley ball putra dan putri, ziarah ke Kesultanan Banten, upacara HUT ke-24 Provinsi Banten,  agenda malam penganugerahan HUT ke-24 Banten di Plaza DPRD Banten/lapangan upacara Kantor Gubernur Banten, Pertandingan bola basket, Pertunjukan tarian kolosal, agenda Bussines Investment Forum, senam bersama sekaligus penyerahan penghargaan bagi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan di lapangan upacara kantor Gubernur Banten dan masih banyak lagi kegiatan.

Untuk itu dengan berlangsungnya HUT 24 ini, diharapkan agar banten bisa menjadi provinsi penyubang dalam mencapai Indonesia emas yang akan datang.Kepada orang banten yang tidak lahir di banten, mari hargai dan cintai tempatmu sebagai mana kau mencintai tanah kelahiranmu, seperti kata pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Banten adalah rumah kita Bersama.

Love bantenku, selamat hari jadi yang ke 24 semoga allah swt melindungi, memuliakan dan bahagiakan kita semua sebagai warga banten. Aamiin  

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url